Senin, 16 Februari 2009

PUPPY LINUX


Senin, 16 Februari 2009 | 11:26 WIB

Kelebihan distro Linux portabel berlogo wajah anak anjing ini terletak pada keragaman software pendukung dan themes yang tersedia (dibahasakan sebagai “P”).Ya, Anda bisa menambah aplikasi dengan mudah. Di situs resminya, Anda bisa menemukan beragam software tambahan untuk Puppy Linux, yang pastinya bebas digunakan.

Sebenarnya sistem operasi ini dibuat untuk penggunaan secara ter-install penuh di atau via CD (LiveCD). Namun, fasilitas di dalamnya memungkinkkanya dijalankan melalui drive, meskipun rincian cara pemakaiannya tak terpapar jelas di situs web.

Untuk instalasi ke dalam USB drive (sistem ini tak hanya di-paste ke dalam USB namun harus di-install), memang sedikit merepotkan. Pertama, sistem berformat ISO yang telah Anda unduh harus dibakar ke keping CD dengan CD/DVD-RW drive dan untuk menjadikannya LiveCD. Selanjutnya, sistem dari CD untuk menjalankannya. Beberapa setting wizard harus dilalui sebelum masuk ke Puppy.

Untuk meng-installnya ke dalam USB , Anda bisa menggunakan aplikasi Puppy Universal Installer yang sudah terpasang ke dalam sistem Puppy. Di sana, Anda tinggal mengarahkan penginstalasian sistem ke dalam peranti simpan portabel tersebut.

Aplikasi dalam bundel sistem ini sangat bervariatif, meskipun file instalasinya terbilang mini. Versi terakhirnya, versi 4.00 SeaMonkey - sekilas mirip Mac OS – dilengkapi aplikasi beragam kategori, dari , filesystem, , document, calculate, personal, , internet, multimedia, dan beragam games.

Lisensi

Freeware

Ukuran file

96,5 MB

Website

www.puppylinux.org

Persyaratan

prosesor 166 MHz; memori 128 MB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar